Home » Pos TNI » Workshop Harmonisasi Kebijakan Nasional Keamanan dan Keselamatan Laut

Workshop Harmonisasi Kebijakan Nasional Keamanan dan Keselamatan Laut

illustrasi

illustrasi

BugisPos – Dalam rangka memfasilitasi pertemuan antar instansi dan pihak-pihak terkait untuk membahas permasalahan/isu keamanan laut, Direktorat Kebijakan Bakamla RI dibawah pimpinan Direktur Kebijakan Bakamla RI Sucipto, S.H., M.H. menyelenggarakan Workshop Harmonisasi Kebijakan Nasional Tahun 2017, di Hotel Swissbel, Batam, Prov.Kepulauan Riau, Rabu (5/4/2017).

Selain memfasilitasi pertemuan antar instansi terkait, kegiatan workshop bertema “Optimalisasi Pengelolaan Keamanan dan Keselamatan Laut yang Terpadu Antar Instansi Pemerintah” ini juga bertujuan memupuk dan menjalin koordinasi yang efektif dan efisien dengan stakeholders pusat untuk menyamakan pola pikir, pola sikap dan pola tindak sehingga akhirnya dapat merumuskan strategi dan mekanisme pengamanan laut yang tepat dan efektif serta efisien dalam suatu kebijakan umum nasional di bidang keamanan laut.

Pengelolaan keamanan dan keselamatan di laut saat ini yang masih dilakukan secara sektoral, tidak terintegrasi dan panjangnya proses birokrasi dan pemeriksaan kapal yang berlapis-lapis dari berbagai instansi dengan kewenangan yang berbeda-beda tersebut merupakan satu permasalahan yang menyebabkan pengelolaan laut tidak berjalan dengan efektif dan efisien.

“Pengelolaan yang belum efektif dan efisien mendasari munculnya urgensi untuk membangun sebuah sistem pengelolaan keamanan dan keselamatan laut yang terintegrasi dan terpadu yang melibatkan seluruh komponen kekuatan nasional di laut”, demikian disampaikan oleh Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Ari Soedewo, S.E., M.H. dalam sambutan yang dibacakan oleh Direktur Kebijakan Bakamla RI.

Hadir selaku nara sumber yaitu Kepala Dinas Hukum TNI AL Laksamana Pertama TNI Supradono, S.H., membahas tentang Optimalisasi Pengelolaan Keamanan di Laut Dalam Rangka Stabilitas Keamanan Maritim, Kepala Bidang Penindakan dan Sarana Operasi Kanwil DJBC Kep. Riau Raja Evi Suhartantyo dengan pembahasan materi terkait penyelundupan barang ilegal, dan Kasubdit Perencanaan dan Evaluasi Operasi Laut Bakamla RI Kolonel Laut (P) Fatkuryanto membahas tentang Optimalisasi Pengelolaan Keamanan Keselamatan Laut Terpadu Antar Instansi.

Kegiatan yang dimoderatori oleh Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Batam Dr. Ir. Chablullah Wibisono, M.M. tersebut dihadiri pula oleh Kepala Zona Maritim Barat Laksma TNI Prasetyo, S.Pi., M.Tr (Han)., M.A.P dan peserta yang merupakan perwakilan dari berbagai instansi antara lain Kejaksaan Tinggi Kepri, Lanal Batam, Dinas Kelautan dan Perikanan Kepri, BNPP Kepri, Ditpolair Polda Kepri, DJBC Kepri, Kantor Imigrasi Batam, Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan Batam, dan beberapa dosen dari Fakultas Hukum Universitas Batam (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

pdam
royal
Jl.Lasuloro Dalam VI/37 Bumi Antang Permai, Makassar 90234
Tlp 0411-2033633-491980 / 085242553333
Email : redaksi@bugisposonline.com