Home » HL » Virus “Ransomware Wanna Cry” Teror Indonesia

Virus “Ransomware Wanna Cry” Teror Indonesia

Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika RI

Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika RI

BugisPos — Teror virus komputer yang menyerang aplikasi Microsof yang bernama ‘Ransomware Wanna Cry” mulai masuk ke Indonesia. Seperti yang disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara ┬áketika diwawancarai salah satu stasiun TV pada, Senin, 15/05/2017.

” Saya menghimbau kepada seluruh pengguna komputer di Indonesia cukup bijak dan berhati-hati dalam menggunakan komputer untuk menghindari data pribadi atau institusi tidak diretas ” tuturnya.

Virus ini mulai ditemukan di Inggris, ketika didapati meretas data rumah sakit. Seluruh data pasien diambil alih kemudian dikunci, setelah itu muncul permintaan pembayaran sejumlah uang agar kuncinya bisa dibuka.

Di China, sebuah perguruan tinggi terkemuka diretas oleh hacker. Seluruh data mahasiswa yang tersimpan dimaster komputer diambil alih. Modus penyebaran virus ini adalah dengan cara meretas dan kemudian memeras korban. Hal ini dapat mereka lakukan berulang kali terhadap satu korban.

Pihak keamanan Uni Eropa yang menangani Cyber crime belum menemukan aktor dibalik teror virus Ransomcare Wanna Cry. Hingga saat ini mereka masih terus melakukan penyelidikan terhadap teror ini.

Pihak Kemenkoinfo menghimbau kepada masyarakat agar para pengguna komputer memindahkan data mereka keprogram Linux atau lainya. Selain itu pada saat mengaktifkan perangkat komputer agar sebelumnya mematikan Wifi atau Data. Selanjutnya apabila telah menggunakan komputer kabel LAN atau internet sebaiknya dicabut. One

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

pdam
royal
Jl.Lasuloro Dalam VI/37 Bumi Antang Permai, Makassar 90234
Tlp 0411-2033633-491980 / 085242553333
Email : redaksi@bugisposonline.com