Home » HL » Sumut, Juara Umum Lomba MTQ Korpri Nasional I

Sumut, Juara Umum Lomba MTQ Korpri Nasional I

Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tampil sebagai juara umum lomba MTQ Korpri Tingkat Nasional I yang digelar di Kota Makassar Sulawesi Selatan, 23-26 Nopember 2012.

BugisPos – Setelah berlangsung selama 4 (empat) hari penyelenggaraannya 23-26 Nopember 2012, MTQ Korpri Tingkat Nasional I di Masjid Al Markaz Al Islami Makassar Sulawesi Selatan, Wakil Gubernur Agus Arifin Nu’mang menutup secara resmi. Sebagai juara umum I diraih Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang saat penutupan, mengawali sambutanya mengaku sangat terharu atas partisipasi seluruh peserta. Dia berharap, melalui moment lomba MTQ Korpri I ini, agarKorpri dapat memaksimalkan dan menggali potensi SDMnya untuk bangsa yang agamais dan bermartabat.

“Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Sulawesi Selatan mengucapkan terima kasih banyak atas segalanya. MTQ ini berjalan baik, terutama teman-teman Korpri telah meluangkan kunjungannya ke Sulsel. Semoga saja, Korpri diharapkan dapat memaksimalkan dan menggali potensi SDMnya untuk bangsa yang agamais dan bermartabat,” katanya.

 Pada acara penutupan ini, Sekretaris Provinsi Sulsel H Andi Muallim menyerahkan piala bergilir kepada pimpinan rombongan Provinsi Sumatra Utara, Prof Dr. Hatta, sebagai juara umum. Dari empat cabang yang diperlombakan, yakni hifzhil quran, daiah, tilawah, dan kaligrafi, kafilah Sumut meraih juara pada tiga cabang. masing-masing juara pertama cabang hifzhil quran oleh Irham Taufik, Juara II Cabang daiah oleh Hj Rahmadaniar dan juara harapan I cabang tilawah putri atas nama St Rahimah.

Kali ini tuan rumah dari kontingen Sulsel, hanya meraih satu cabang tilawtil quran (qari) atas nama Baharuddin. Selanjutnya, MTQ Korpri Tingkat Nasional II akan dilaksanakan di Provinsi Aceh.

Sementara, Sekertaris Provinsi, Andi Muallim yang juga Ketua Dewan Pengurus Wilayah Korpri mengungkapkan pelaksanaan MTQ Korpri Nasional I berjalan sukses. Hal itu merupakan bukti bahwa Sulsel menjadi lokomotif utama dari ide-ide dan gagasan.

“Semangat ini akan kami pacu, meningkatkan kualitas SDM dan kepiawaian melafazkan baca tulis Al-Quran,” ujar Muallim.

Lomba MTQ Korpri I Tingkat Nasional ini sebelumnya dibuka oleh Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo. Sedianya akan dibuka Mendagri Gumawan Fauzi berhubung berhalangan hingga diwakili oleh Gubernur Sulsel.

Dalam sambutannya, Syahrul memberikan apresiasi kepada Korpri Sulsel yang menggagas Korpri Nasional MTQ Nasional pertama ini. Menurut Syahrul, perjalanan awal ini akan menjadi sejarah baru untuk bagi Sulsel dalam bidang keagamaan.

“Melalui kegiatan keagamaan seperti MTQ Korpri ini, saya sebagai Gubernur Sulsel berharap semua lapisan masyarakat bisa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Mari wujudkan Sulsel yang aman, damai dan religius” ajak Syahrul di depan para kontingen MTQ Korpri perwakilan se-Indonesia.

Ketua panitia, Prof Bahaking Rama menyebutkan, peserta yang mengikuti lomba mewakili utusan dari 22 provinsi serta 10 kafilah dari instansi atau lembaga negara. MTQ Korpri tingkat Nasional ini menyediakan tiga cabang lomba. Masing-masing Provinsi atau instansi mengutus 5 (lima) orang pesertanya, dua orang mengikuti tilawah putra dan putri, satu orang putra sebagai penghafal 5 juz, satu orang putri untuk pidato serta satu orang baik putra atau putri untuk kaligrafi.

MTQ Korpri kali ini melibatkan 38 orang sebagai dewan juri. Mereka diantaranya yakni termasuk Prof. Dr. Sayyid Agil al Munawwar (mantan Menteri Agama) dan para pakar Qur’an dari Sulsel, termasuk juara internasional di Arab Saudi KH. Hasan Basri, juara internasional di Malaysia H. Bahri Waru, juara hifdzil qur’an nasional dan internasional H. Syam Amir, SQ.(tamsir/gafar)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

 
IKLAN BARIS
  • Ruko Dijual
    Ruko berlantai 3, setiap lantai dilengkapi fasilitas toilet. Terletak di Jl.Rappocini Raya No.29 (samping Dona Doni) Makassar, dijual seharga Rp 1,2 Miliar. Yang berminat segera hubungi Nunu, di 085343841609
Jl.Lasuloro Dalam VI/37 Bumi Antang Permai, Makassar 90234
Tlp 0411-2033633-491980 / 085242553333
Email : redaksi@bugisposonline.com