Home » HL » Rumah Dampingan Antarkan Mantan Pecandu Kembali ke Masyarakat

Rumah Dampingan Antarkan Mantan Pecandu Kembali ke Masyarakat

Illustrasi

Illustrasi

BugisPos – Keberadaan Rumah Dampingan bagi mantan pecandu narkoba sangat penting untuk mengantarkan mereka kembali ke dalam kehidupan semula di tengah-tengah masyarakat. Selama ini masyarakat belum banyak yang tahu tentang Rumah Dampingan Badan Narkotika Nasional (BNN) dan program-programnya. Untuk memperkenalkan Rumah Damping, Direktorat Pasca Rehabilitasi Deputi Bidang Rehabilitasi BNN menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan masyarakat sekitar Rumah Dampingan.

Banyak pertanyaan yang dilontarkan masyarakat tentang program rehabilitasi bagi pecandu narkoba, diantaranya apakah program rehabilitasi bagi pecandu narkoba di BNN gratis?

Drg. Agus Gatot Purwanto yang menjadi narasumber dalam FGD tersebut menjelaskan, bahwa program rehabilitasi dan pasca rehabilitasi pecandu narkoba di BNN tidak dipungut biaya alias gratis,”Kalau Bapak-Bapak atau Ibu-Ibu ada keluarganya atau tetangganya yang menjadi pecandu narkoba, silakan lapor ke BNN anak disembuhkan dan tidak dituntut pidana, serta biayanya ditanggung negara,” jelas Agus Rabu 29/5/13

Sementara itu, Ketua RT Ahmad Syaiful mengharapkan BNN mau melibatkan para Ketua RT dalam mensosialisasikan program-programnya, “Karena kami yang paling dekat dengan masyarakat,” kata Ahmad Syaiful.

Hal yang sama juga diungkapkan Suroto Ketua RW setempat, yang mengharapkan agar sosialisasi tentang rehabilitasi dan pasca rehabilitasi lebih digencarkan lagi hingga ke tingkat RW dan RT.

Sedangkan David, mantan pecandu narkoba yang sudah pulih, menceritakan ia terjerumus kedalam narkoba karena lingkungannya tempat jual beli narkoba, disamping itu juga karena keluarga kurang perhatian, “Awalnya dikasih temen, gratis, setelah kecandunan dipaksa harus beli. Dari situlah awal kehancuran hidup saya, setiap kali sakaw saya jual apa saja yang ada di rumah untuk membeli narkoba, hingga akhirnya sampai pada titik jenuh sebagai pecandu, saya diantar orangtua ke Lido untuk direhabilitasi. Alhamdulillah, setelah menjalani program  entry , primary – re entry saya diajari untuk kembali hidup seperti dulu, mulai dari bangun pagi sampai menjalani kehidupan lainnya,” ceritanya.

Menurutnya, kunci untuk pulih dari ketergantungan narkoba ialah meningkatkan kualitas hidup, lepas dari kecanduan zat adiktif saja tidak cukup. Banyak treatmet yang perlu diberikan kepada pecandu untuk kembali meningkatkan produktivitas, “Bekal keterampilan dan kesiapan mental yang diajarkan di rumah dampingan sangat bermanfaat, disamping itu dukungan dari keluarga, teman, dan lingkungan sekitar memiliki peran penting dalam membantu mantan pecandu kembali dalam kekehidupan normal,” ujar David. (pas)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

 
IKLAN BARIS
  • Ruko Dijual
    Ruko berlantai 3, setiap lantai dilengkapi fasilitas toilet. Terletak di Jl.Rappocini Raya No.29 (samping Dona Doni) Makassar, dijual seharga Rp 1,2 Miliar. Yang berminat segera hubungi Nunu, di 085343841609
Jl.Lasuloro Dalam VI/37 Bumi Antang Permai, Makassar 90234
Tlp 0411-2033633-491980 / 085242553333
Email : redaksi@bugisposonline.com