Home » HL » Rencana Kontijensi Banjir Kota Makassar

Rencana Kontijensi Banjir Kota Makassar

Ir.Ismunandar

Ir.Ismunandar

BugisPos – Bencana banjir hampir setiap tahun melanda Kota Makassar dan menimbulkan kerugian yang cukup besar. Hal ini diakibatkan alih fungsi lahan berupa padatnya permukiman, drainase yang memburuk, dan air limpasaan dari wilayah dataran tinggi (Maros dan Gowa). Di beberapa daerah yang terletak di pinggir pantai juga mengalami banjir.

Oleh karena itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar membuat penyusunan Rencana Kontijensi Banjir Kota Makassar yang difasilitasi oleh AIFDR. Pentingnya rencana kontijensi dilakukan agar dapat memperkirakan dampak yang terjadi ketika bencana terjadi dengan lebih siap dan mengurangi resiko bencana seperti korban jiwa. Penyusunan rencana kontijensi baru pertama kali dilakukan di Kota Makassar, penyusunannya akan dibantu dengan menggunakan OSM, QGIS, dan InaSAFE. Tahapan penyusunan rencana kontijensi direncanakan terdiri dari 9 tahapan seperti bagan dibawah ini seperti dijelaskan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar, Ir.Simounandar

Beberapa tahapan awal telah dilaksanakan, pelatihan dan lokakarya-1 penyusunan rencana kontijensi banjir Kota Makassar sebelumnya dilaksanakan pada tanggal 27 – 30 Agustus 2013 di Hotel Pantai Gapura Makassar dengan peserta yang berasal dari BPBD Kota Makassar, BPBD Prov. Sulawesi Selatan, Kodim, Dinas Pemadam Kebakaran, Bappeda, Basarnas, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas PU, PMI Makassar, UNHAS, dan Kepolisian. Pada alur diatas sampai saat ini sudah mencapai tahapan ke-3. Dalam lokakarya-1 penyusunan rencana kontijensi banjir menggunakan skenario Banjir bulan Januari, luas area banjir yaitu 3489,49 Ha meliputi 28 kelurahan terdampak banjir. Hasil yang didapatkan dengan menggunakan InaSAFE dimana data ancaman didapatkan dari BPBD Kota Makassar dan data keterpaparan dari pemetaan OpenSreetMap yaitu terdapat 15.408 bangunan terdampak dan 70.000 penduduk terdampak banjir.

Hasil penyusunan lokakarya-1 dokumen Rencana Kontijensi yaitu para peserta ini diikutsertakan dalam penyusunan rencana kontijensi banjir Kota Makassar sebagai Tim Perumus Draft-0 Dokumen rencana kontijensi. Berikut ini nama-nama perwakilan tim perumus draft yaitu :

Tahapan ke-4 seharusnya saat ini sedang dilakukan karena Tim Perumus yang ditunjuk harus menyelesaikan draft-0 dokumen renkon sebelum lokakarya-2 dilakukan. Pada tahapan selanjutnya yaitu tahapan ke 5 untuk Lokakarya-2 Penyusunan Dokumen Rencana Kontijensi yang diperkirakan waktu pelaksanaan dijadwalkan pada bulan Oktober 2013 (penentuan tanggal akan dikoordinasikan lebih lanjut oleh BPBD Makassar dengan AIFDR). Dimana dalam Lokakarya-2 tersebut diharapkan Tim Perumus sudah menyelesaikan draft Rencana Kontijensi dengan skenario Banjir bulan Januari 2013.

Tahapan ke-5 akan dilakukan survey lapang untuk verifikasi data, validasi data dan memperbaharui data yaitu data ancaman banjir Kota Makassar dan data keterpaparan yang difokuskan pada 28 Kelurahan terdampak banjir (una)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

 
Jl.Lasuloro Dalam VI/37 Bumi Antang Permai, Makassar 90234
Tlp 0411-2033633-491980 / 085242553333
Email : redaksi@bugisposonline.com