Home » HL » Proyek Pembangunan Underpas Makam Haji Kartosuro Sukoharjo, Terjadi Penyelewengan

Proyek Pembangunan Underpas Makam Haji Kartosuro Sukoharjo, Terjadi Penyelewengan

underpass

underpass

BugisPos -- Gabungan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Makam Haji Kartosuro Kabupaten Sukoharjo siap melaporkan dugaan penyalahgunaan proyek pembangunan Underpass Makam Haji. Sebab dalam proyek pembangunan yang menggunakan anggaran dari pemerintah pusat ditengarai terjadi sejumlah penyelewengan.

Beberapa dugaan penyelewengan itu diantaranya tinggi terowongan yang semula 5,5 meter namun hanya 4,5 meter dan lebar jalan yang seharusnya 12 meter menjadi 9 meter.

Apalagi saat masyarakat maupun LSM mencoba melakukan konfirmasi dan klarifikasi pada Komisi 3 DPRD Sukoharjo yang membidangi masalah pembangunan mereka tidak bisa menjelaskan. Ketua LSM Lembaga Penyelemat Asset dan Anggaran Belanja Negara atau (LAPPAN), Kusumo Putro sangat menyayangkan ketidaktahuan para wakil rakyat itu.

“Kami menilai proyek senilai 27 Milyar itu tidak ubahnya seperti proyek bodong. Sebab di tingkat kabupaten Sukoharjo, tidak ada satupun yang mengetahui keberadaan proyek baik jumlah dana yang digunakan,  maupun segala sesuatu yang berhubungan dengan proyek tersebut,” ungkap Kusumo Putra kepada wartawan Kamis (20/6/2013) siang.

Sementara salah satu LSM lainnya  Masyarakat regional anti korupsi (MARAK) juga menyesalkan ketidaktahuan Komisi III tentang RAB. Ketua LSM MARAK Joko Prakoso menilai alasan ketidaktahuan itu terlalu mengada-ada. Padahal sesuai undang-undang semua anggaran yang bersumber dari APBN harus diketahui pulik tidak boleh ditutup-tutupi.

“Kami pernah menanyakan ke komisi III namun dia jawab tidak bisa memberikan rincian anggaran dengan alasan rahasia negara. Padahal sesuai undang-undang keterbukaan publik, semua anggaran yang bersumber dari negara dapat diketahui publik. Ini kan aneh,” tegas Joko Prakoso.

Dalam waktu dekat beberapa LSM tersebut sepakat akan melaporkan dugaan pelanggaran kasus underpass Makamhaji ke Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah(rri/rga)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

 
Jl.Lasuloro Dalam VI/37 Bumi Antang Permai, Makassar 90234
Tlp 0411-2033633-491980 / 085242553333
Email : redaksi@bugisposonline.com