Home » Daerah » Peringati Hari Satwa Sedunia, PPLB Desak Perburuan Satwa Dihentikan

Peringati Hari Satwa Sedunia, PPLB Desak Perburuan Satwa Dihentikan

Ketua Umum Pemuda Peduli Lingkungan Bali (PPLB) I Nyoman Suka Ardiyasa mendesak DPRD Bali agar segala jenis penangkapan dan perburuan satwa dihentikan.

BugisPos Hari Satwa se-Dunia diperingati dengan pelepasan 100 ekor burung oleh aktivis lingkungan dan murid-murid sekolah dasar di Taman Kota Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali, Kamis, (4/10/2012).

Ketua Umum Pemuda Peduli Lingkungan Bali (PPLB) I Nyoman Suka Ardiyasa selaku penggagas kegiatan tersebut mengatakan pelepasan 100 ekor burung itu bagian dari upaya menyadarkan masyarakat untuk menyayangi satwa yang hidup di lingkungan sekitar.

“Kabupaten Buleleng sangat kaya akan satwa dilindungi dan sesuai data di Kantor Lingkungan Hidup tercatat 85 satwa sebagai satwa yang dilindungi, namun saat ini sekitar 35 persen sudah di ambang kepunahan,” katanya, sebagaimana yang dikutip dari Antara News.com.

PPLB mendesak DPRD Kabupaten Buleleng agar segala hal yang berkaitan dengan penangkapan dan perburuan satwa secara liar oleh masyarakat segera dihentikan dan diberikan sanksi tegas bagi pelanggarnya.

PPLB juga meminta kepada Dewan agar menghentikan perdagangan satwa liar ilegal yang masih banyak terjadi di wilayah Buleleng dan Bali.

“Oleh karena itu, Dewan hendaknya menyusun perda yang berkaitan dengan pelestarian dan perlindungan satwa secara keseluruhan,” katanya.

Peringatan Hari Satwa se-Dunia yang dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Buleleng Dewa Ketut Manuaba itu melibatkan 100 murid SD Negeri Banjar Jawa, Kecamatan Singaraja.

Para aktivis dan murid SD itu kemudian menggelar aksi damai di depan patung Singa Ambara Raja dan gedung DPRD Kabupaten Buleleng sambil membagi-bagikan brosur berisi ajakan kepada untuk menyayangi dan melestariakan binatang.

Hari Satwa se-Dunia diperingati setiap tanggal 4 Oktober. Peringatan itu dimulai di Florence, Italia, pada 1931 bertepatan dengan konvensi para ahli ekologi.(gafar)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

 
Jl.Lasuloro Dalam VI/37 Bumi Antang Permai, Makassar 90234
Tlp 0411-2033633-491980 / 085242553333
Email : redaksi@bugisposonline.com