Home » HL » Nama-Nama Caleg DPRD Makassar Dapil Makassar 2

Nama-Nama Caleg DPRD Makassar Dapil Makassar 2

Pemilu Legislatif 2014BugisPos – Undang-undang telah mengatur persyaratan bagi setiap warga negara yang ingin menjadi calon legislatif (caleg) baik di DPR, DPD, maupun DPRD. Ketua KPU Husni Kamil Manik, menuturkan bahwa persyaratan tersebut tertuang dalam Undang-undang Nomor 8 tahun 2012.

“Persyaratan itu diatur dalam Undang-Undang nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan Dewan Perakilan Rakyat Daerah (DPRD),” kata ketua KPU Husni Kamil Manik beberapa waktu lalu.

Menurut Husni, apa yang sudah disepakati dalam Undang-undang adalah yang menjadi keharusan bagi tiap parpol untuk menerapkan bagi setiap calegnya. Sementara, jika ada persyaratan teknis lain yang secara spesifik mengatur persyaratan caleg, maka itu menjadi tanggung jawab parpol bersangkutan.

“Belum ada (persyaratan lain yang mengatur di luar UU 8/2012). Kalau ada pengaturan lain di luar Undang-undang, tanggungjawab penerapannya ada pada parpol tersebut,” ucap Husni, dikutip dari DetikNews.com.

Dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012, BAB VII, Bagian Kesatu tentang Persyaratan Bakal Calon Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota. Pasal 51 menulis syarat bakal calon anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang memenuhi persyaratan, sebagai berikut:
1. Telah berumur 21 (dua puluh satu) tahun atau lebih.

2. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

3. Bertempat tinggal di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

4. Cakap berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa Indonesia.

5. Berpendidikan paling rendah tamat sekolah menengah atas, madrasah aliyah, sekolah menengah kejuruan, madrasah aliyah kejuruan, atau pendidikan lain yang sederajat.

6. Setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.

7. Tidak pernah dijatuhi pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih.

8. Sehat jasmani dan rohani.

9. Terdaftar sebagai pemilih.

10. Bersedia bekerja penuh waktu.

11. Mengundurkan diri sebagai kepala daerah, wakil kepala daerah, pegawai negeri sipil, anggota Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, direksi, komisaris, dewan pengawas dan karyawan pada badan usaha milik negara dan/atau badan usaha milik daerah atau badan lain yang anggarannya bersumber dari keuangan negara, yang dinyatakan dengan surat pengunduran diri yang tidak dapat ditarik kembali.

12. Bersedia untuk tidak berpraktik sebagai akuntan publik, advokat/pengacara, notaris, pejabat pembuat akta tanah (PPAT), atau tidak melakukan pekerjaan penyedia barang dan jasa yang berhubungan dengan keuangan negara serta pekerjaan lain yang dapat menimbulkan konflik kepentingan dengan tugas, wewenang, dan hak sebagai anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

13. Bersedia untuk tidak merangkap jabatan sebagai pejabat negara lainnya, direksi, komisaris, dewan pengawas dan karyawan pada badan usaha milik negara dan/atau badan usaha milik daerah serta badan lain yang anggarannya bersumber dari keuangan negara.

14. Menjadi anggota Partai Politik Peserta Pemilu.

15. Dicalonkan hanya di 1 (satu) lembaga perwakilan; dan

16. Dicalonkan hanya di 1 (satu) daerah pemilihan.

Adapun beberapa nama Calon Legislator (Caleg) DPRD Kota Makassar dari daerah pemilihan atau dapil Makassar 2 (Wajo, Tallo, Ujungtanah, Bontoala) periode 2014-2019 yang dinyatakan telah memenuhi persyaratan sesuai undang-undang yakni sebagai berikut :

Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) ada 10 calon :

1. M Sahib
2. Makmur
3. Sriyanti Amir
4. Indar Kulau
5. Syahruddin HL
6. Yudriani
7. Adiarsa MJ
8. Anzar Makkuasa
9. Hariaty
10. Tjiko Wihara

Dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ada 10 calon :

1. A Azwar Ishak Hadra Manggabarani
2. Rahmat Nurdin Ariadi
3. Andi Asni
4. Nurwina Baharuddin
5. A Pahlevi
6. Abd Sahid Najeng
7. Rano Rahman
8. Zainuddin
9. Ratnapada
10. Muh Asir Ali

Dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ada 10 calon :

1. Irwan
2. Ramliati
3. Edy Husain
4. Sulaiman
5. Darmawati
6. Husny Hamzah
7. Rusli Iriansyah
8. Aisyah Majid
9. Kasman
10. Ahmadi

Kebangkitan Bangsa (PKB) ada 10 calon :

  1. Usman Azis
    2. Rosmady Kurnainsyah
    3. Nursinah
    4. Muhammad Said Rani
    5. Ruslyati Idris
    6. Firdaus
    7. Mukbil
    8. Sahabuddin
    9. Sunaani
    10. Abdul Latif Hasan

Partai Nasional Demokrat (Nasdem) ada 10 calon :

1. Wahyuddin
2. Rudianto Lallo
3. Melani Simon
4. Mustafa Irate
5. Randhy Maulana K Syaeful Mamma
6. Megawati Laengngeng
7. Abdul Musa Caizar
8. Sadaruddin
9. Bahariah
10. Syahrifuddin.(gaf)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

 
IKLAN BARIS
  • Ruko Dijual
    Ruko berlantai 3, setiap lantai dilengkapi fasilitas toilet. Terletak di Jl.Rappocini Raya No.29 (samping Dona Doni) Makassar, dijual seharga Rp 1,2 Miliar. Yang berminat segera hubungi Nunu, di 085343841609
Jl.Lasuloro Dalam VI/37 Bumi Antang Permai, Makassar 90234
Tlp 0411-2033633-491980 / 085242553333
Email : redaksi@bugisposonline.com