Home » Ceplas Ceplos » Menelisik Dimana Letak Hebatnya Makassar F8

Menelisik Dimana Letak Hebatnya Makassar F8

Oleh : Usdar Nawawi

Oleh : Usdar Nawawi

BugisPos – Event Makassar International Eight Festival & Forum 2016 yang populer disebut “Makassar F8 2016”, yang dihelat Pemkot Makassar di anjungan Losari tanggal 8-10 September lalu, diakui ada segelintir orang yang mencemoh ; “Apatong itu F8 pallabusu dowe ji .. tena matu-matunna .. “ Begitu kira-kira kicauan yang meloncat-loncat di bibir mereka sambil mengepulkan asap rokok dan mengunyah pisang epe panas, yang bikin bibirnya nyaris kebakaran.

Bahwa kebaikan apapun yang dilakukan dengan niat baik, sudah pasti ada juga yang tak senang. Dan biasanya ketidaksenangan mereka yang tak senang ini, bukan sebab apa yang dilakukan, tetapi sebab siapa yang melakukannya. Sekali seseorang tak disenangi, maka apapun yang dia lakukan semuanya hanya akan dipandang tai, dipandang kotoran. Dipandang keburukan, dipandang sebagai duri penghalang. Dan karenanya, menjawab cercaan mereka, akan lebih bagus kiranya bila yang dicerca itu berserah diri saja pada Tuhan, dan serahkan kepada orang banyak yang menilai. Sebab kalau ada setarus orang menilai jelek, tetapi seribu orang mengatakan bagus, maka bagus pulalah itu apa yang dilakukan. Kita belajar saja berdemokrasi sebaik mungkin.

Bahwa event F8 sesungguhnya adalah event yang mengejutkan bukan saja bagi Makassar, Sulsel, ataupun Indonesia. Tetapi mengejutkan bagi dunia. Sebab, pada F8 ini, selain kehadiran puluhan delegasi dunia, juga mereka mengahdirkan budaya mereka. Mereka melebur jadi satu dengan warga Bugis Makassar selama tiga hari yang gegap-gempita dengan segala rupa pertunjukan spektakuler. Event ini menyatukan 72 penyanyi top daerah Bugis-Makassar dalam satu panggung. Mereka bersama sejumlah seniman besar ataupun seniman muda berbakat Makassar. Tujuannya tentu untuk mengembangkan Makassar sebagai kota budaya yang dihormati.

Makassar International Eight Festival and Forum atau juga yang dikenal festival F8 telah berakhir, F8 ini singkatan dari Film, Food, Flora, Fashion, Folks, Fine Art, Fusion Jazz, dan Fiction Writer merupakan salah satu event internasional dan terbesar di Indonesia.

Walikota Danny Pomanto tak membantah fakta ini. Dia hanya bilang, peristiwa seni dan budaya F8 yang digelar untuk kali pertama di Makassar  ini alhamdulillah berjalan lancar. Danny pantas berterima kasih kepada seluruh rakya Makassar, juga kepada seluruh delegari dunia yang hadir. Dan Danny janji depannya acara F8 akan menjadi kegiatan rutin tahunan di Makassar.

Di event F8 ini, jumlah pengnjung juga mengejutkan. Diluar dugaan mencapai 290.574, dengan transkasi senilai Rp5 miliar hanya dalam tempo tiga malam saja. Nah, bagaimana nanti tahun depan bila dilangsungkan selama sepekan. Hanya tiga hari saja sudah boleh disebut ‘The Best Waterfront Festival’ di dunia.

Satu hal yang menjadi alasan, bahwa ajang F8 telah menjadi wisata dan tempat berkumpulnya warga dengan keluarganya secara positif di akhir pekan. Musisi nasional dan internasional bertemu dengan musisi dan seniman lokal di Makassar. Dan tujuannya cuma satu, yakni menyenangkan warga dan membanggakan Makassar sebagai kota budaya yang sarat talenta. Manusia budaya level nasional bahkan dunia sekalipun, memang banyak yang lahir dari tanah Bugis Makassar, Toraja dan Mandar, lalu mereka besar dimana-mana.

Terhadap event Makassar F8 biarkan saja ada yang mencerca, sebab yang memuji-muji dan berdecak kagum jumlahnya jauh lebih banyak.  Yang pasti, F8 telah menorehkan sejarah. Melalui F8 yang pertama ini, komitmen memperkenalkan kekayaan dan potensi seni budaya Makassar kepada dunia telah dilakukan. Upaya mengembangkan Makassar sebagai kota budaya adalah bagian dari komitmen membangun Makassar. ***

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

pdam
royal
Jl.Lasuloro Dalam VI/37 Bumi Antang Permai, Makassar 90234
Tlp 0411-2033633-491980 / 085242553333
Email : redaksi@bugisposonline.com