Home » Profil » Mario Said: Menghindari Pungli Adalah Hal Terbaik

Mario Said: Menghindari Pungli Adalah Hal Terbaik

Mario Said

Mario Said

BugisPos – Muh. Mario Said,S.IP, M.Si, pria kelahiran Jakarta 23 Mei 1973 ini, punya prinsip tak ingin mencederai kariernya di pemerintahan hanya karena kasus pungli. Mario Said sungguh sangat menghormati pimpinannya, bahwa apa yang dikehendaki pimpinan maka itulah yang mesti dilakukan dalam konteks loyal pada pimpinan.

Diketahui saat Moh Ramdhan Pomanto mulai menjabat Walikota Makassar dia sudah menegaskan bahwa di dalam pemerintahannya korupsi dan pungli adalah musuh besar bagi Pemkot Makassar. Danny Pomanto – panggilan akrab walikota Makassar ini, menginstruksikan kepada seluruh pejabat dan kalangan pegawai Pemkot Makassar untuk menjauhi praktek pungli, apalagi yang namanya korupsi.

Palagi pada saat ini Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 pada tanggal 21 Oktober 2016 tentang Sapu Bersi Pungli di seluruh wilayah Indonesia , yang semakin menguatkan posisi Danny Pomanto dalam memberantas praktek pungutan liar di lingkup Pemkot Makassar.

Sekali waktu saat Mario Said menjabat Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) kota Makassar, penulis mencoba menguji ketaatan Mario Said terhadap kebijakan Walikota Danny Pomanto dalam memberantas praktek pungli.

Bahwa Bagian Ekbang yang dinakhodai Mario Said merupakan instansi yang berwenang menerbitkan Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK) bagi kontraktor yang ingin ikut lelang proyek konstruksi di lingkup Pemkot Makassar.

Penulis bertanya kepada Mario Said gerangan berapa biaya yang mesti dikeluarkan setiap IUJK yang diterbitkan oleh Bagian Ekbang Makassar ? Mario Said menggeleng sambil ketawa. Mario mengatakan pihaknya telah menegaskan bahwa sesenpun pantang memungut biaya kepada kontraktor yang mengurus IUJK.

Penulis coba menantang Mario Said, mengapa tidak memungut misalnya cukup untuk biaya administrasi saja, sebab di kantor pelayanan lainnya di Pemkot  banyak yang memungut biaya meskipun itu dalam kwalifikasi pungli.

Mario Said dengan tegas menjawab bahwa Walikota Danny Pomanto sudah melarang semua instansi di Makassar melakukan praktek pungli. Kalau to ada pungli di kantor lainnya maka di Bagian Ekbang Makassar sangat diharamkan yang namanya pungli.

Lagi pula, kata Mario Said, selain menghormati dan menjalankan kebijakan larangan pungli dari Walikota, praktek pungli itu memang seharusnya dihindari karena sangat merugikan masyarakat maupun pemerintah kota. Praktek pungli itu berdampak buruk program pelayanan kepada masyarakat.

Kini, sejalan dengan Perpres 87/2016 tentang Saber Pungli dan penegasan Walikota Danny Pomanto yang menekankan pada seluruh pegawai dan pejabat lingkup Pemkot Makassar agar tidak melakukan praktek pungli, membuat Mario Said lebih enjoy dalam memimpin Dinas Perhubungan kota Makassar dalam kapasitasnya selaku plt.

Mario Said dengan tegas memerintahkan kepada suluruh stafnya di kantor dan pasukannya yang bertugas di lapangan, agar bersungguh-sungguh menghindari praktek pungli. Bila ada yang melanggar maka resikonya sangat berat, dan bisa berujung pada pemecatan.

“Ini tekad dan prinsip dalam membersihkan Dinas Perhubungan dari aroma pungli” tegas Mario Said.

Pendidikan :

  1. SD. Inpres Jongaya  tahun 1985
  2. SMP : SMP Neg. 18 tahun 1988
  3. SMA Neg. 8, tahun 1991
  4. STPDN, Tahun 1992
  5. Fisip UNHAS, tahun 1999
  6. S2 Fisip UNPAD tahun 2004

Jabatan :

  1. Kasubsi di kantor Kecamatan Kajuara, Bone
  2. Lurah di Makassar
  3. Kepala Seksi di Dispenda Makassar
  4. Camat Tallo Makassar
  5. KTU Satpol PP kota Makassar
  6. Kabag Pertanahan kota Makassar
  7. Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan kota Makassar
  8. Sekretaris Dinas Perhubungan kota Makassar
  9. Plt Kadis Perhubungan kota Makassar.

Dengan jabatan-jabatan yang telah diemban Mario Said ini, semakin membut dirinya matang dalam menapaki organisasi pemerintahan. Ayahnya, HM.Said Saggaf, yang mantan bupati Bantaeng dan mantan bupati Mamasa, juga telah menurunkan karakter kepemimpinan yang mendasar kepada Mario Said. Bahkan Mario Said telah menjalani proses ‘latihan’ dengan dua kali maju sebagai calon bupati Mamasa, meskipun garis tangannya untuk memimpin kabupaten Mamasa belum terwujud. Namun yang pasti, sosok Mario Said pada waktunya nanti diharapkan oleh rakyat setempat untuk tampil menjadi bupati Mamasa.

Soal keluarga bagi Mario Said adalah hal yang nomor satu. Mario Said memperisteri wanita tercinta, Andi Zubaedah, SH, yang juga menjadi salah seorang pejabat di BKD Kota Makassar, dan telah memberinya dua anak yang patuh pada orangtua, yakni Muh. Rafialdi Mario dan Namira Putri Alzahra. (Usdar Nawawi)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

pdam
royal
Jl.Lasuloro Dalam VI/37 Bumi Antang Permai, Makassar 90234
Tlp 0411-2033633-491980 / 085242553333
Email : redaksi@bugisposonline.com