Home » Sulsel » Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Enrekang Kuliah Umum di BPPAUDNI

Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Enrekang Kuliah Umum di BPPAUDNI

Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Enrekang Kuliah Umum di BPPAUDNI

BugisPos.com – Sekitar seratus mahasiswa praktik pengalaman lapangan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Enrekang mengikuti kuliah umum di Aula Kampus Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dinia Nonformal dan Informal (BPPAUDNI) Regional III Makassar, Senin 2/7/12.

Kepala BPPAUDNI Regional III Makassar, Dr Muhammad Hasbi, dalam kuliah umumnya, menjelaskan sejumlah program yang menjadi tugas dan tanggung jawab BPPAUDNI Regional III Makassar dalam mengembangkan pendidikan anak usia dini non formal dan informal di wilayah kerja yang meliputi seluruh provinsi di Sulawesi.

Secara garis besar Muhammad Hasbi menjelaskan tentang program pengembangan pendidikan anak usia dini, pendidikan masyarakat, dan pendidikan kecakapan hidup.

Muhammad Hasbi antara lain mengatakan, pendidikan nonformal berlangsung secara sukarela. Warga belajar akan mempelajari apa yang ingin mereka ketahui. Bahkan, jadwal pun belajarnya pun disesuaikan dengan waktu yang lowong warga belajar.

Warga belajar, menurut Muhammad Hasbi, akan belajar sesuai kebutuhan mereka yang dirancang oleh pengembangan setelah melalui beberapa survei.

Dijelaskan pula bahwa BPPAUDNI melakukan pengkajian untuk menemukan program-program baru yang sesuai dengan kebutuhan belajar masyarakat.

Dalam melakukan pengkajian dan pengembangan program pembelajaran, BPPAUDNI melakukan pendekatan dengan mengakomodir kearifan lokal dan mensinergikan sejumlah kekuatan secara positif.

Untuk pengembangan model kursus dan pelatihan misalnya, dikembangkan model dengan pendekatan pelatihan berkarakter anak pulau, anak pesisir, dan kewirausahaan produk unggulan lokal melalui model TellumpoccoE.

Begitu pula dalam pengembangan model pendidikan anak usia dini yang mengembangkan kreativitas berbahasa anak usia dini melalui buku-buku cerita bergambar yang disesuaikan dengan karakter anak-anak tempat pendidikan itu diselenggarakan.

Di sesi kedua kuliah umum bertema “Mewujudkan Sarjana Profesional bidang PNFI melalui Kuliah Umum bagi Mahasiswa PPL STKIP Muhammadiyah Enrekang” ini tampil pula Koordinator Pamong BPPAUDNI Regional III Makakssar Drs Harisman yang membahas sejumlah program yang telah dan akan dilaksanakan oleh BPPADNI Regional III Makassar (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

 
Jl.Lasuloro Dalam VI/37 Bumi Antang Permai, Makassar 90234
Tlp 0411-2033633-491980 / 085242553333
Email : redaksi@bugisposonline.com