Home » HL » KPU Sulsel : 1020 Bacaleg Masih Berpotensi Gugur

KPU Sulsel : 1020 Bacaleg Masih Berpotensi Gugur

KPU Sulsel akan mengumumkan daftar Bacaleg yang masuk Daftar Caleg Sementara (DCS) tanggal 13 Juni 2013 mendatang.

KPU Sulsel akan mengumumkan daftar Bacaleg yang masuk Daftar Caleg Sementara (DCS) tanggal 13 Juni 2013 mendatang.

BugisPos – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan menjadwalkan merilis bakal calon legislatif dari 12 partai politik yang dinyatakan lolos dalam daftar caleg sementara (DCS).

” Soal pengumuman DCS, 13 Juni mendatang akan kita rilis ke publik,” kata Juru bicara KPU Sulsel Asrar Marlang saat dikonfirmasi, Rabu (5/6/2013).

Namun, Asrar mengaku sebelum DCS diumumkan ke publik, pihak KPU lebih awal memplenokan nama-nama tersebut bersama lima anggota komisioner lainnya.

Adapun jadwal proses pleno penetapan DCS digelar 12 Juni mendatang setelah pihak KPU Pusat mengirim surat pemberitahuan nama-nama bacaleg yang dinyatakan lolos ke tahap selanjutnya.

Humas KPU Sulsel ini tidak menampik dari 1020 bacaleg yang mendaftarkan diri melalui partai masing-masing masih memungkinkan tercoret.

“Semua bacaleg dari 12 parpol masih berpotensi digugurkan untuk tidak diloloskan ke DCS, jika dianggap tidak memenuhi syarat (TSM). Baik dari faktor kelengkapan berkas,” terangnya.

Selain faktor kelengkapan berkas, adapun hal lain yang dapat membatalkan bacaleg lolos ke tahap selanjutnya, menurut Asrar  adalah tersandung kasus hukum. Baik pidana maupun perdata.

Namun hal itu bisa saja terjadi jika proses hukumnya telah memiliki kekuatan hukum tetap alias Incrah.

Selain itu, bacaleg dapat diganti jika seseorang yang didorong maju tiba-tiba meninggal dunia atau memilih mengundurkan diri.

“Point-point inilah yang bisa menggugurkan bacaleg sebelum ditetap ke dalam DCT,” katanya.

Asrar menjelaskan, selain faktor mengndurkan diri, meninggal dunia dan terkena kasus, laporan masyarakat juga bisa dijadikan sebagai dasar untuk mencoret setiap bacaleg dari partai masing-masing.

Untuk proses laporan atau masukan warga sendiri terkait para bacaleg. Asrar menambahkan KPU akan memberikan waktu selama dua pekan kepada masyarakat untuk memberikan tanggap  kepada pihak penyelenggara pemilu siapa saja caleg yang dianggap bersoal atau cumi.

“Jadi waktu tanggapan masyarakat mulai 14-27 Juni mendatang,” ujarnya.

Ketua KPU Sulsel Iqbal Latief juga membenarkan dari 1020 bacaleg yang mengincar kursi DPRD Sulsel, secara keseluruhan masih berpotensi untuk digugurkan.

“Namun yang berkewenangan penuh mereka bisa dicoret atau tidak diloloskan dalam DCS maupun DCT adalah partai masing-masing. KPU hanya mengusulkan jika ditemukan adanya caleg yang bersoal,” kata Iqbal.

Diketahui, sejauh ini 12 parpol dinyatakan telah menyetorkan seluruh kelengkapan berkas bacalegnya ke KPU Sulsel beberapa waktu lalu.

Namun Asrar mengaku belum mengetahui secara pasti apakah berkas mereka betul-betul sudah memenuhi persyaratan atau tidak.

“Tinggal menunggu hasil penetapan dari KPU pusat,” ujarnya.

Sementara Ketua Tim penjaringan caleg DPD Demokrat Sulsel Ni’matullah mengaku partai tidak lagi memiliki kewenangan untuk mencoret calegnya dari DCS setelah berkasnya dinyatakan lengkap oleh KPU.

Terkecuali, kata Ni’matullah, jika partainya mendapatkan aduan serta protes dari masyarakat terhadap caleg yang ingin ditetapkan dalam DCS.

“Tapi alasan dan buktinya juga harus kuat dan rasional jika mereka ingin dicoret,” kata Ni’matullah, sebagaimana dikutip dari Tribun Timur.com.(gaf)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

 
Jl.Lasuloro Dalam VI/37 Bumi Antang Permai, Makassar 90234
Tlp 0411-2033633-491980 / 085242553333
Email : redaksi@bugisposonline.com