Home » HL » Kisruh UVRI Berakhir di Mahkamah Agung

Kisruh UVRI Berakhir di Mahkamah Agung

Kampus UVRI Makassar

Kampus UVRI Makassar

BugisPos – Kisruh panjang tentang dualisme kepemilikan Universitas Veteran Republik Indonesia (UVRI) Makassar segera berakhir. Mahkamah Agung (MA) mengabulkan kasasi Ketua DPD Legiun Veteran RI Sulselbar, H Andi Oddang. Putusan MA dengan nomor register 854/K/Pid/2012 itu dikeluarkan 25 April lalu.
Kuasa hukum UVRI Yayasan Karya Dharma Daerah Makassar (YKDDM), Bachtiar dan Petrus Pice  mengungkapkan putusan kasasi ini sudah final dan berkekuatan hukum tetap sehingga sengketa kepemilikan yayasan yang selama ini berlarut-larut dinyatakan telah berakhir.

“Konsekuensi hukum dari dikabulkannya kasasi oleh MA tersebut, maka Kopertis Wilayah IX sebagai perpanjangan tangan Dirjen Dikti Kemdikbud wajib memberhentikan atau membubarkan UVRI/YPTKD Pusat Makassar,” katanya, di kampus UVRI Jl WR Supratman Makassar, Rabu, 22 Mei lalu seperti dilansir Fajar Online

Meski demikian, kubu YKDDM tetap bersedia mengakomodasi YPTKD yang selama ini menguasai kampus UVRI Antang dan Bawakaraeng. Hanya saja, posisi dan status mereka masih akan dibahas dan dibicarakan pengurus YKDDM dan Legiun Veteran RI Sulsel.

“Jika kemarin, kami dituduh dan dilaporkan membuat keterangan dan surat palsu, maka nanti ini giliran kami yang akan melaporkan mereka ke polisi terkait surat palsu dan pembuatan akta palsu. Kami sudah memiliki dokumen yang menguatkan kubu YPTKD melakukan pemalsuan akta. Salah satunya menyebut YKDDM tetapi pengurusnya lain,” kata Bachtiar didampingi H Andi Oddang, Andi Bachtiar, Rektor UVRI, Soekarno A Husain, dan petinggi UVRI lainnya.

Dikonfirmasi terpisah, kubu YPTKD enggan berkomentar banyak. Pembantu Rektor III UVRI YPTKD,  Syaifuddin Al Muqhny mengaku belum mengetahui putusan kasasi tersebut. “Kami belum mau berkomentar karena belum menerima putusan kasasi MA tersebut,” kata Syaifuddin.  (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

 
Jl.Lasuloro Dalam VI/37 Bumi Antang Permai, Makassar 90234
Tlp 0411-2033633-491980 / 085242553333
Email : redaksi@bugisposonline.com