Home » HL » IPM Makassar Kebanggan Ilham

IPM Makassar Kebanggan Ilham

Ilham Arief Sirajuddin

Ilham Arief Sirajuddin

BugisPos – Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin hari-hari ini selalu membanggakan soal pencapaian pembangunan Makassar yang terukur melalui Indeks Pembangunan Manusia (IPM) atau Human Development Index (HDI) yang menempatkan Makassar di urutan ke-7 Indonesia. Hal itu wajar saja sebab faktanya di lapangan memang demikian.
Menurutnya Ilham, banyak kalangan yang meragukan pencapaian tersebut, namun banyak pula yang mengakui gerak pembangunan yang telah dicapai ibukota Sulawesi Selatan itu selama kurun waktu delapan tahun periode kepemimpinan Ilham.

Indeks Pembangunan Manusia adalah pengukuran perbandingan dari harapan hidup, melek huruf, pendidikan dan standar hidup untuk semua negara seluruh dunia.

IPM digunakan untuk mengklasifikasikan apakah sebuah daerah adalah negara maju, negara berkembang atau negara terbelakang dan juga untuk mengukur pengaruh dari kebijakan ekonomi terhadap kualitas hidup.

Menurut data Badan Pusat Statitik (BPS) Provinsi Sulawesi Selatan, IPM nasional dari hasil perhitungan tahun 2010, IPM Provinsi Sulawesi Selatan sebesar 71,62 masih dibawah IPM nasional (72,27) dan secara nasional berada peringkat 19.  Sementara angka IPM tahun 2010 untuk kota Makassar tercatat 78,79 yang melampaui IPM nasional yang pada akhirnya menempatkan Makassar sebagai yang terbaik di Sulawesi Selatan.

Bandingkan misalnya dengan Jeneponto yang masih berada di angka  64,92.  Penyebab terjadinya variasi angka tersebut dikarenakan oleh adanya perbedaan kebijakan terhadap bidang pendidikan, kesehatan dan pendapatan atau daya beli dari masing-masing daerah.

“Pada 2012 ini kita telah mencatat presentasi IPM tersebut terus naik. Meskipun IPM pada tahun 2010 lalu kita hanya naik 0,20 persen, namun itu sudah cukup dan menempatkan Makassar sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia,” ujar Wali kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin di Makassar.

Menurut Pengamat ekonomi dari Unhas, Dr Hamid Paddu, kebanggaan Ilham  atas pencapaian pembangunan melalui indikator IPM sangat beralasan.

Ia mengungkapkan, prioritas APBD Kota Makassar yang menitikberatkan pada pemenuhan hak-hak dasar seperti pendidikan dan kesehatan telah mendongkrak IPM kota  Makassar menempati posisi tertinggi di Sulsel dan nasional.

“Indikator pembangunan secara Makro ditunjukkan oleh Pendapatan Domestik  Regional Bruto (PDRB)  namun ini belum tentu menjadi indikasi dari kualitas pembangunan itu sendiri. Secara mikro kita melihat pembangunan melalui Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang menyangkut pemenuhan hak-hak dasar masyarakat seperti pendidikan, kesehatan dan daya beli. Indikator IPM ini lebih riil dirasakan oleh masyarakat. Makassar menunjukkan progres ke sana, saya melihat arah pembangunan yang dilakukan Pemkot telah bergerak ke arah pembangunan yang sehat dengan angka pertumbuhan ekonomi 9 persen. Inipun telah diapresiasi secara nasional dengan menempatkan Makassar pada posisi 7 dari seluruh kabupaten kota di Indonesia,” ujar Hamid, Rabu 16 Januari.

Sementara  Ilham sendiri menyatakan, faktor pendorong peningkatan IPM Kota Makassar yakni angka melek huruf Makassar yang meningkat dari 96 persen menjadi 97 persen.

Meningkatnya angka melek huruf ini terjadi akibat upaya Pemkot Makassar menyiapkan prasarana pendidikan serta fasilitas taman baca pada program Gerakan Makassar Gemar Membaca (GMGM). Data Dinas Pendidikan Makassar mencatat total sekolah untuk semua tingkatan yang sudah berdiri hingga saat ini telah mencapai 1.330 sekolah.

Prasarana itu juga telah didukung dengan tim pengajar yang telah mencapai 16.074 guru, sehingga Angka Partisipasi Sekolah (APS) yang menjadi salah satu indikator penilaian IPM juga meningkat dengan rata-rata anak bersekolah di atas 86 persen.

“Jumlah taman baca yang disiapkan telah mencapai 75 unit lebih. Melalui upaya ini Makassar sempat mendapatkan penghargaan anugerah aksara 2010 lalu dari Presiden dan menempatkan IPM sulsel di posisi pertama dari 24 Kabupaten Kota di Sulsel,” ujar Ilham.

Pencapaian ini juga telah mengantarkan Wali Kota Makassar dua periode ini mendapatkan penghargaan sebagai Walikota Terbaik ke-8 se-dunia yang diselenggarakan The City  Mayor Foundation atau yang ke-2 se-Indonesia yang hanya dikalahkan Jokowi yang saat ini telah menduduki jabatan sebagai Gubernur DKI Jakarta (una)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

 
Jl.Lasuloro Dalam VI/37 Bumi Antang Permai, Makassar 90234
Tlp 0411-2033633-491980 / 085242553333
Email : redaksi@bugisposonline.com