Home » Profil » Fathur Rahim, Bekerja dengan Nurani

Fathur Rahim, Bekerja dengan Nurani

2BugisPos – Ir.H.Fathur Rahim,MT, pria Bugis kelahiran Jakarta 10 Maret 1970 yang kini menjabat plt Kadis Perumahan dan Gedung Pemerintah Kota Makassar, memulai karirnya sebagai CPNS golongan III/a tahun 1998, dan pada tahun 1999 dia PNS penuh. Sejak 2008 menyandang pangkat golongan III/d dengan pengalaman jabatan yang cukup memadai.

Dalam menjalankan tugas-tugasnya selama ini, Fafthur terbilang sosok yang tak banyak bicara tetapi lebih banyak bekerja. Dia bekerja dengan mengandalkan nurani. Apa yang terbaik sesuai tupoksinya itulah yang dia jalankan dengan kendali nurani. Apa-apa yang menjadi idenya sebagai inovasi dalam melaksanakan tugas-tugasnya, senantiasa mendorong semangatnya untuk mensukseskan setiap tugas yang dia emban, tanpa harus berkeluh-kesah ataupun memuji diri. Fatrhur seorang yang nuranis dalam bekerja dengan tetap senantiasa menyesuaikan diri dengan lingkungan tempatnya bekerja. Punya etos kerja yang baik dan dia seorang yang loyal pada pimpinan, siapapun yang menjadi pimpinannya. Dia seorang pendiam yang cerdas. Ide-idenya juga banyak yang mengejutkan.

Terhadap bawahannya, misalnya yang kini dia bawahi di Dinas Perumahan dan Bangunan Gedung di Pemkot Makassar, Fatrhur termasuk pemimpin instansi yang dihormati dan disukai bawahan. Ada pendekatan humanis yang diolah Fathur dalam praktek kepemimpinannya, yang mengesankan bila dia juga seorang yang demokratis dan tak memelihara sikap arogan dan egois. Ini karakter yang hebat ke depan seorang Fathtur. Dia sangat enjoy dalam mewarisi watak kepemimpinan ayahnya, Abdul Rahman K, yang pernah cukup lama menjabat Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama Sulawesi Selatan di masa lalu.

Dalam perjalanan karir Fathur Rahim di lingkup Pemkot Makassar di bawah pimpinan Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, dia terbilang diperhitungkan untuk menjalankan tugas-tugas berat seperti di Dinas Perumahan dan Bangunan Gedung. Dan karena itulah dia dipercaya menduduki jabatan Sekretaris Dinas sekaligus dipercaya menjadi plt Kadis Perumahan. Pertanyaan mengapa dia yang dipercaya Walikota menjabat plt Kadis, sebab dia memang dipandang punya kemapuan mengelola instansi ini, yang seyogyanya sedang mencari jati diri mengingat dinas ini termasuk dinas yang baru dibentuk sebagai pecahan dari Dinas PU Kota Makassar.

Fatrhur dalam perjalanan karir dalam usianya yang masih muda yakni 40 tahun, menjadi isyarat baginya untuk melakukan ha-hal yang bermakna bagi Pemkot Makassar serta bagi bangsa dan negara ke depan. Hanya dalam tempo 12 tahun sejak dia menjabat Kepala Seksi, kini dia sudah berada pada level eselon dua.

Jabatan yang dilalui Fathur dalam 12 tahun ini, yakni :

  1. Kasie Pendataan dan Pengembangan Pada Dinas Cipta Karya Kota Makassar, 2004, di lingkup Pemkot Makassar.
  2. Kasie Pengadaan Inventaris dan Penghapusan Pada Dinas Pendidikan Kota Makassar, 2008.
  3. Kabid Teknik dan Prasarana Pada Dinas Perhubungan Kota Makassar, 2009.
  4. Kabid. Sarana dan Prasarana Lingkungan Pada Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar, 2013.
  5. Sekretaris Dinas Pada Dinas Perumahan dan Gedung Pemerintah Kota Makassar, 2015.
  6. Plt. Kepala Dinas pada Dinas Perumahan dan Gedung Pemerintah Kota Makassar, 2016.

 

Pendidikan :

 

  1. SDN Kompleks Mangkura Makassar, 1983.
  2. SMP (Pesantren IMMIM) Makassar,1986.
  3. SMA Negeri 2 Makassar, 1989.
  4. STRATA SATU (S.1) Unhas Makassar, 1996.

Meneruskan tuga-tigas kadis terdahulu, kini Fatrhur memberi prioritas menyesaikan program pembebasan lahan untuk pengembangan rumah susun sewa sederhana (Rusunawa) di Kelurahan Daya, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, yang sejauh ini fokus pada pembebasan lahan warga lebih dari 700 meter. Selain itu dia juga melanjutkan pembayaran pembebasan lahan Middle Ring Road di Kelurahan Batua dan Kelurahan Antang, kecamatan Panakkukang.

Di tangan Fathur, dinas yang dipimpinnya ini juga sedang menggenjot program bedah rumah. Bedah rumah kumuh memang bagi Pemkot Makassar adalah hal yang mendesak. Dinas ini telah melakukan survei di kawasan kumuh di Kelurahan Pandang, Kecamatan Panakkukang. Dari 400 kk yang telah disurvei, terdapat 17 rumah di Jalan Pandang  RW 03 di antaranya yang akan dibedah gratis agar mereka mendapatkan rumah yang layak huni.

“Program bedah rumah ini kami prioritaskan secepatnya. Ini amanah dari pak wali” kata Fathur kepada BugisPos (Usdar Nawawi)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

pdam
royal
Jl.Lasuloro Dalam VI/37 Bumi Antang Permai, Makassar 90234
Tlp 0411-2033633-491980 / 085242553333
Email : redaksi@bugisposonline.com