Home » Ceplas Ceplos » Cium Tangan

Cium Tangan

Oleh : Usdar Nawawi

Oleh : Usdar Nawawi

BugisPos — Cerita soal cium tangan seringkali kedengaran di tengah masyarakat, ya di warkop ya di rumah pejabat ya di pasar ya di mana saja muncul. Bahkan seringkali cerita kayak ini muncul di acara arisan, pesta keluarga atau di acara-acara domino sambil membanting kartu domino.

Memangnya kenapa cerita cium tangan ini sebegitu populernya ? Ya, sebab kebiasaan cium tangan banyak dilakukan orang-orang di kalangan bawahan terhadap bos atau pimpinannya dengan maksud tertentu. Sambil cium tangan sang atasan sambil berdoa semoga dapat jabatan empuk, tak perduli apa tangan itu barusan menjamah sambel terasi atau menggaruk pantat. Tak perduli tangan itu mau apa kek pokoknya dicium saja sebagai isyarat  ada sustu keinginan. Kalau dia eselon lima misalkan ya semoga dengan cium tangan sang bos bisa naik di eselon empat dan seterusnya.

Sang bos yang tangannya sudah capek menerima ciuman juga kadang berpikir kenapa ya orang-orang ini begitu senang mencium tangan, apa mereka ini tak tahu kalau tangan itu lebih banyak tidak sterilnya, wong segala rupa dipegang atau diraba atau digaruk tanpa memandang lokasi atau posisi.

Kalau yang baru-baru terjadi dimana  di rumah Wapres Jusuf Kalla dimana sejumlah warga marginal datang mencium tangan Jusuf Kalla setelah mendapatkan lima puluh ribu perak, itu isyarat terima kasih atas pemberian sang Wapres. Dan boleh jadi yang datang mencium tangan pak bupati atau pak gubernur itu juga tanda terima kasih karena mendapat jabatan enak.

Karena itulah dengan dua contoh ini, dapat saja disimpulkan bila ternyata gerakan cium tangan itu ada maunya ataupun maunya sudah terpenuhi. Dan hal itu dapat juga disebut caum tangan karena pamrih, bukan sebagai tanda hormat, sebagaimana seorang anak yang mencium tangan ibu dan bapaknya setiap pergi atau pulang sekolah ***

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

pdam
royal
Jl.Lasuloro Dalam VI/37 Bumi Antang Permai, Makassar 90234
Tlp 0411-2033633-491980 / 085242553333
Email : redaksi@bugisposonline.com