Home » HL » BSN Buka Kantor Layanan di Makassar

BSN Buka Kantor Layanan di Makassar

BSN Buka Kantor Layanan di Makassar

BSN Buka Kantor Layanan di Makassar

BugisPos – ┬áBadan Standarisasi Nasional (BSN) membuka Kantor Layanan Teknis (KLT) di Makassar, Sulawesi Selatan, untuk mendekatkan layanan pada masyarakat terkait standarisasi, akreditasi dan sertifikasi.
“Dengan adanya KLT ini, masyarakat di daerah ini dan sekitarnya makin mudah mendapatkan layanan dari BSN,” kata Kepala BSN Bambang Prasetya di sela-sela peresmian KLT BSN oleh Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo di Makassar, Kamis 13/4/17

Dia mengatakan, peresmian KLT itu merupakan langkah nyata BSN dalam mengimplementasikan Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2014. khususnya pasal 8 ayat 2 yang menerangkan bahwa tugas dan tanggung jawab di bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian dilaksanakan oleh BSN.

Selain itu, sesuai pasal 53 dalam UU tersebut bahwa BSN bekerja sama dengan kementerian, lembaga pemerintah nonkementerian lainnya, dan/atau pemerintah daerah untuk melakukan pembinaan terhadap pelaku usaha dan masyarakat dalam penerapan SNI.

“Pemilihan Sulsel sebagai lokasi pertama pembukaan kantor miniatur BSN karena kami menilai daerah ini yang paling `advance` maju dan sudah mencanangkan sebagai provinsi yang komitmen mendorong penerapan SNI,” kata Bambang.

Berkaitan dengan hal tersebut, kata dia, kehadiran KLT ini akan memberikan berbagai layanan di bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian terutama bagi pelaku usaha serta masyarakat yang ingin menerapkan SNI, termasuk juga untuk mempererat hubungan dengan pemerintah daerah setempat.

Pendirian KLT di Makasar telah mendapatkan persetujuan dari Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI.

Sementara itu Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo menyatakan sangat mengapresiasi pihak BSN untuk membuka KLT di wilayah kerjanya.

“Kalau sebelumnya masyarakat harus ke Jakarta untuk mengurus keperluan standarisasi dan uji mutu, kini tidak perlu ke daerah ibu kota itu, tapi cukup ke KLT sini saja,” ujarnya.

Menurut Syahrul, pembukaan KLT di Makassar akan menunjang pembangunan dan pengembangan daerah dalam hal standardisasi dan penilaian kesesuaian suatu produk.

Sebagai gambaran, ujar Syahrul, Sulsel terkenal sebagai produsen beras sekaligus daerah penyanggah pangan nasional, sehingga melalui KLT ini, beras Sulsel dapat diuji mutu untuk memperoleh standarisasi dengan sejumlah persyaratan seperti tidak menggunakan bahan kimia.

“Melalui KLT ini dapat dikategorikan beras organik yang layak dijual sesuai standar nasional dan juga berkompetisi di pasar internasional. ant

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

pdam
royal
Jl.Lasuloro Dalam VI/37 Bumi Antang Permai, Makassar 90234
Tlp 0411-2033633-491980 / 085242553333
Email : redaksi@bugisposonline.com