Home » HL » BPBD Siap-siap Hadapi Bencana Alam di Makassar

BPBD Siap-siap Hadapi Bencana Alam di Makassar

Ismounandar

BugisPos – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang tata cara mengantisipasi bencana alam yang mungkin akan terjadi di Makassar.
“Kegiatan itu bertujuan untuk memberikan kesiapsiagaan dan pencegahan akan tanggap darurat, rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kota, Ismunandar di Makassar, Kamis 0/12/12

Ia mengatakan, tantangan yang dihadapi BPBD Makassar saat ini cukup besar, sehingga menuntut pihaknya bisa mendorong koordinasi dan kerjasama antarpihak sehingga tercipta mekanisme penanggulangan bencana terpadu, efektif, efisien, dan handal.

Untuk itu, BPBD Makassar sebagai pelaksana penanggulangan bencana di kota Makassar bisa lebih meningkatkan kebersamaan dan sinergitas antara pemerintah dan pemangku kepentingan termasuk para relawan dan SKPD terkait serta organisasi kemasyarakatan dalam menghadapi ancaman bencana.

“BPBD harus bisa melaksanakan tiga fungsi utamanya, seperti fungsi koordinasi, komando, dan pelaksanaan, apalagi dengan pihak berwajib lain yang mempunyai tugas serupa,” katanya.

Untuk itu penyelenggaraan penanggulangan bencana tidak akan sukses tanpa adanya dukungan dari berbagai pihak termasuk Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), serta para relawan dan masyarakat yang ada di kelurahan dan kecamatan sebagai ujung tombak penyelenggaraan penanggulangan bencana dimasing-masing sektor.

Menurut Ismunandar. kegiatan ini sesuai dengan Undang Undang No 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana.

Agar UU tersebut bisa tercapai dan terlaksana maka diperlukan koordinasi dan kerjasama antar semua pihak yang terkait.

“Keberhasilan penanggunalangan bencana tercermin dari meningkatnya ketahanan masyarakat dalam mengahapi bencana hingga tahap rehabilitasi dan rekonstruksi kerusakan dan kerugian pasca bencana,” ujarnya seperti dirilis Antara News.

Sejak terbentuk awal 2011, BPBD telah menangani 98 kejadian bencana yang terjadi di Makassar. Berdasarkan data tersebut dapat diketahui bahwa potensi bencana alam di Makassar sangat besar, sehingga peran BPBD sangat diperlukan dalam penanganan bencana.

“Berdasarkan potensi kemampuan dan pemahaman kita yang baik terhadap penanggulangan bencana secara umum dan terkhusus pada pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana,” katanya (una)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

 
Jl.Lasuloro Dalam VI/37 Bumi Antang Permai, Makassar 90234
Tlp 0411-2033633-491980 / 085242553333
Email : redaksi@bugisposonline.com